Liriklagu.co.id – Pada tahun 2016, tepatnya pada bulan Agustus, salah satu jaringan media sosial terbesar di dunia, Pinterest meluncurkan fitur periklanan terbarunya. Sebelum fitur periklanan terbaru diluncurkan, beberapa merek dapat beriklan melalui media gambar, tetapi sekarang Pinterest mencoba peruntungannya menggunakan konsep iklan video. Pesaing kuat Instagram ini mengambil langkah yang sebenarnya diprediksi oleh pengamat. Pertumbuhan konten video yang meningkat dari waktu ke waktu membuat Pinterest tertarik untuk mengikuti arus iklan menggunakan video.
Mengapa Pinterest memilih fitur iklan berbentuk video?
Pertama, konten video memiliki efektivitas tinggi untuk bidang periklanan. Selain itu, sepertiga aktivitas online yang dilakukan saat ini adalah menonton video. Ini bisa kita lihat dari beberapa jaringan media sosial yang tampaknya mendukung konten video. YouTube juga memiliki pengaruh besar dalam hal ini, karena YouTube terbukti menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google.
Kedua, menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa 90% pengguna internet atau netizens yang melihat video tentang ulasan produk mengatakan sangat membantu untuk memilih produk mana yang akan dibeli. Studi lain menyatakan bahwa netizens atau pengguna internet yang melihat ulasan atau review produk memiliki kemungkinan 1,8 kali lebih besar untuk melakukan pembelian produk yang dia tonton daripada netizens yang hanya melihat gambar produk saja.
Sistem Periklanan Video Diterapkan Oleh Pinterest
Layanan promosi video hanya berfungsi untuk perangkat seluler di platform online ini untuk berbagi foto. Fitur iklan terbaru ini akan muncul dalam bentuk Cinematic Pin yang merupakan konten gambar bergerak / GIF yang kemudian akan menampilkan sejumlah cuplikan dari iklan video yang telah dibuat. Ini adalah faktor utama yang membedakan konsep iklan video dari Pinterest dengan iklan video serupa yang ditawarkan oleh Facebook dan Twitter. Cinematic Pin adalah faktor paling penting untuk dapat menarik perhatian pengguna sebelum menonton video secara keseluruhan.
Video Untuk Iklan
Iklan yang telah dibuat oleh pemilik merek dapat dilihat secara vertikal, horizontal atau persegi. Durasi video maksimum yang diizinkan oleh Pinterest adalah 5 menit. Pemilik iklan juga dapat memilih 6 pin dari akun yang ada yang dianggap mampu mendukung konten video sebagai media utama untuk iklan. Pinterest juga melengkapi fitur ini dengan sistem yang memungkinkan pemilik iklan untuk melihat berapa kali iklan dilihat, berapa banyak klik yang mereka peroleh, berapa banyak klik untuk menampilkan pin yang telah dipasang dan akhirnya pemilik iklan dapat melihat berapa persen dari netizen yang terus melihat video secara keseluruhan.
Pembayaran
Pinterest menerapkan sistem pembayaran untuk setiap 1000 tampilan konten GIF yang diposting oleh pemilik iklan. Ini berarti bahwa jika tidak ada pengguna yang melihat iklan video ini, pemilik iklan masih harus membayar Pinterest. Pemilik iklan setidaknya harus menginvestasikan US $ 5.000 untuk dapat beriklan di Pinterest. Faktor yang harus dipertimbangkan oleh pemilik iklan adalah pemilihan klip video untuk konten gambar bergerak atau GIF. Jika pemilik iklan tidak mengambil rekaman video yang tepat maka dapat dipastikan bahwa pengguna tidak akan terus melihat video. Pemilik iklan dapat membatasi berapa kali setiap pengguna dapat melihat konten gambar GIF, karena jika mereka tidak melakukan ini, pemilik iklan akan dikenakan biaya yang sangat besar ketika pengguna terus melihat konten gambar bergerak atau GIF.